Kemah Gasing 2016 - Astronomi -
15 May 2017 - 13:50, SIPS

Setelah sukses dengan Kemah Gasing 2015, tahun ini Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) kembali menggelar kemah Gasing 2016. Kegiatan yang diadakan pada 14 hingga 16 Juli 2016 lalu di Villa Bukit Pancawati, Caringan, Bogor tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 anak-anak dari Jakarta, Bogor, Banyuwangi dan kota-kota lainnya.

Dengan tema yang cukup unik, “Astronomi”, Kemah Gasing kali ini mengajak kita untuk mengenal dunia astronomi dan kegiatannya, seperti Sun Gazing (mengamati black spot) dan Star & Moon Gazing (mengamati bintang dan permukaan bulan). Dipandu oleh salah satu pakar astronomi Prof. Mezak Ratag, para peserta belajar menggunakan teleskop untuk mengamati black spot matahari saat pagi dan mengamati bintang pada malam hari.

Tidak hanya aktifitas Astronomi, pada hari ke-2 dan ke-3, peserta juga diajak untuk berpetualang sambil bereksperimen sains dan eksplorasi matematika di alam terbuka dalam kegiatan GASING Race. Malam harinya diisi dengan kegiatan yang membangun kreativitas dan kerjasama tim dalam berbagai permainan-permainan sains. Tidak ketinggalan juga kegiatan olahraga air.

Menurut Ketua Panitia, Christina Simajuntak, Kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun dengan tema berbeda ini bertujuan untuk membentuk anak-anak yang tidak hanya cerdas, tetapi juga mandiri. Melalui kegiatan Kemah Gasing ini, Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) berusaha mempromosikan sains dan matematika yang gampang, asyik dan menyenangkan (GASING) sehingga apa yang dipelajari siswa akan bermanfaat sebagai bekal mereka di kehidupan sehari-hari dan di masa mendatang.

Sampai ketemu lagi di Kemah Gasing 2017…

Recent News
Most Popular
Surya Institute
Surya Institute (SI) was founded in 2006 by Prof. Yohanes Surya, Ph.D. with the vision of transforming Indonesia through 30 thousand PhD's in science and technology, supported by the mission to reform Science and Math education in Indonesia. Our efforts are based on how to promote Science and Math learning to be fun, easy and enjoyable (our slogan being ‘Gampang, Asyik, dan Menyenangkan' or "GASING") and also making sure the learning process is meaningful for students, so that what the students learn will become life skills and prepare them to excel in the workforce.
Event