YPA-MDR dan Surya Institute Lanjutkan Program Pelatihan Matematika dan Fisika Metode Gasing Untuk Guru Sekolah Binaan Tingkat SMPN
15 September 2017 - 15:23, Sie Doc

Sebagai bentuk komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali menyelenggarakan Pelatihan Matematika dan Fisika Metode Gasing (Gampang, Asik dan Menyenangkan) Batch 2 yang bekerjasama dengan Surya Institute pimpinan Prof. Yohanes Surya, Ph.D., sejak September hingga November 2017 mendatang.

Pembukaan Pelatihan Matematika dan Fisika Metode Gasing diselenggarakan di Hotel Amaris Tangerang City, pada tanggal 11 September 2017. Pembukaan yang dihadiri oleh Pemerintah Daerah Setempat, seluruh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Binaan, Peserta Guru dan Siswa SMPN Binaan tersebut diawali dengan Laporan Penyelenggaraan Program Gasing oleh Sekretaris Pengurus YPA-MDR, Kristanto.

“Usai sukses pada pelatihan matematika Metode Gasing Batch 1 tingkat SDN Binaan 6 Maret hingga 5 Mei 2017 lalu, Astra melanjutkan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan kembali menyelenggarakan Pelatihan Matematika dan Fisika Metode Gasing Batch 2 yakni tingkat Sekolah Menengah Pertama binaan. Setelah melalui proses seleksi, terpilih 12 guru dan 12 siswa SMPN binaan YPA-MDR di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, dan Pacitan, yang sesuai dengan kriteria,” tutur Kristanto dalam laporannya.

Dalam program ini, masing-masing guru membawa satu murid yang terbaik dalam bidang studi matematika dan fisika dari sekolah tempatnya mengajar sebagai pendamping guru, ke depannya siswa tersebut akan dipersiapkan untuk ajang kompetisi Olimpiade.

“Kami berharap para guru ini mampu menjadi Agen Perubahan di daerah asalnya dan juga mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh tersebut di sekolahnya maupun mengimbaskan di sekolah-sekolah non binaan Astra lain di daerahnya. Ini adalah bagian dari kewajiban dari guru-guru utusan setelah selesai pelatihan yakni untuk melakukan pengimbasan,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo saat menyampaikan sambutannya.
Terkait program pengimbasan di sekolah dan wilayah binaan YPA-MDR, para Guru akan menjadi Master Trainer di wilayahnya dan untuk itu pihak Dinas Pendidikan bekerjasama dengan YPA- MDR menerapkan program pengimbasan ke sekolah-sekolah non binaan Astra.

Selanjutnya, Program Gasing secara resmi dibuka dengan prosesi serah terima perwakilan guru dan siswa peserta Program Gasing secara simbolis dari YPA-MDR kepada tim Yohanes Surya. Harapannya program ini dapat mendongkrak prestasi guru dan siswa, terutama dalam bidang ilmu pasti yakni matematika dan fisika untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama sehingga mereka mampu berinovasi dan bersaing di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan di tingkat Nasional.
“Keberhasilan pendidikan Indonesia tidak terlepas dari peran guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada Astra yang terus menerus membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, terlebih di sekolah binaan yang ada di daerah terpencil. Kami berharap para peserta dapat menjalani program ini dengan sungguh-sungguh,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Marwan, S.Sos, M.M., yang menjadi perwakilan seluruh Kadisdik daerah binaan saat pembukaan berlangsung.

Dengan demikian, Program Gasing yang merupakan salah satu strategi YPA-MDR diharapkan dapat menciptakan Sekolah Unggul sekaligus membentuk generasi unggul di sekolah-sekolah di masing-masing daerah sehingga cita-cita Astra yakni “Sejahtera bersama Bangsa” bisa terwujud (***).

Recent News
Most Popular
Surya Institute
Surya Institute (SI) was founded in 2006 by Prof. Yohanes Surya, Ph.D. with the vision of transforming Indonesia through 30 thousand PhD's in science and technology, supported by the mission to reform Science and Math education in Indonesia. Our efforts are based on how to promote Science and Math learning to be fun, easy and enjoyable (our slogan being ‘Gampang, Asyik, dan Menyenangkan' or "GASING") and also making sure the learning process is meaningful for students, so that what the students learn will become life skills and prepare them to excel in the workforce.
Event