Liputan Media: Belajar Matematika Jadi Lebih Mudah dengan Gasing
26 September 2017 - 10:28, blokBojonegoro.com

Jika mendengar mata pelajaran matematika, kebanyakan masih terbayang susah dan memusingkan kepala. Namun, kini mata pelajaran berhitung tersebut bisa menjadi lebih mudah dengan metode GAmpang, aSyik, dan menyenaNGkan (Gasing).

Seperti yang sedang dilakukan oleh 25 guru di Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro, Senin (25/9/2017). Mereka mengikuti Pelatihan Matematika Gasing yang didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan pemateri dari Surya Institut Tangerang.

"Hari ini hingga Jumat mendatang, 21 guru SD dan MI dari Kecamatan Gayam serta 4 guru dari Kalitidu mengikuti pelatihan Matematika Gasing," ujar pemateri, Aguslina Angkasa kepada blokBojonegoro.com.

Metode yang diberikan kepada peserta, mulai untuk kelas 1 hingga 6 SD dan MI. Melalui pelatihan ini, para peserta bisa langsung mengaplikasikan di sekolah masing-masing dengan menjadikan pelajaran matematika lebih gampang, asyik dan menyenangkan.

Menurut wanita yang biasa disapa Lina itu, salah satu contoh nantinya setelah pelatihan ini, guru bisa mengajarkan dengan mudah bagaimana rumus itu dasarnya, bukan hanya langsung memberikan rumus.

"Misal Pi itu 22/7, siswa yang menemukan bagaimana Pi bisa muncul angka itu," terang wanita asal Medan itu.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidkan Kecamatan Kalitidu dan Gayam, Sujatmiko berpesan kepada para peserta untuk benar-benar memanfaatkan pelatihan tersebut untuk menambahk kemapuan dalam mengajar.

"Usai pelatihan ini, diharapkan para guru bisa langsung mengaplikasikan ilmunya di kelas," kata Sujatmiko dalam sambutannya.

Perwakilan dari EMCL, Beta Wicaksono mengatakan, dukungan pada program peningkatan kapasitas guru matematika ini sejalan dengan komitmen EMCL. Dalam menjalankan program kemasyarakatannya, EMCL mempunyai tiga pilar, pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi.

Pihaknya berharap, melalui program ini, EMCL bisa membantu pemerintah dalam meningkatan taraf pendidikan masyarakat, khususnya di wilayah sekitar operasi Lapangan Banyu Urip. "Kami yakin, pendidikan adalah kunci dari kesuksesan dan kemajuan suatu daerah, khususnya di Bojonegoro ini," papar Beta. [ito/lis]

 

Sumber:http://blokbojonegoro.com/v2/berita/pendidikan-kesehatan/51408-belajar-matematika-jadi-lebih-mudah-dengan-gasing.html

 

Recent News
Most Popular
Surya Institute
Surya Institute (SI) was founded in 2006 by Prof. Yohanes Surya, Ph.D. with the vision of transforming Indonesia through 30 thousand PhD's in science and technology, supported by the mission to reform Science and Math education in Indonesia. Our efforts are based on how to promote Science and Math learning to be fun, easy and enjoyable (our slogan being ‘Gampang, Asyik, dan Menyenangkan' or "GASING") and also making sure the learning process is meaningful for students, so that what the students learn will become life skills and prepare them to excel in the workforce.
Event