Sangsaka Berkibar di Negeri Gajah Putih
23 November 2017 - 09:46, SIPS

Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) & Asian Science and Math Olympiad (ASMO) International Competition 2017

(22/11) Kontingen Indonesia yang diwakili oleh 12 orang siswa Sekolah Dasar (SD) dan 8 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari berbagai wilayah di tanah air, berhasil menorehkan prestasi gemilang dari ajang olimpiade sains dan matematika Tingkat Asia, ASMOPS dan ASMO International Competition 2017. Yang sekaligus adalah persembahan bagi anak-anak Indonesia tepat di hari Anak Universal pada tanggal 20 November yang lalu. Siswa-siswa yang terpilih mewakili Indonesia ini, dijaring melalui seleksi berjenjang mulai dari seleksi tingkat Propinsi dan seleksi tingkat nasional.

Dari event yang diselenggarakan di Pattaya Thailand 17-21 November 2017, para siswa Indonesia berkompetisi dengan perwakilan dari Malaysia, Thailand, Phillippina dan Taiwan. Dengan persiapan yang matang,  semangat dan motivasi yang tinggi, delegasi Indonesia berhasil mempersembahkan 3 medali Emas, 7 medali Perak dan 5 medali Perunggu. Selain meraih medali, tim Indonesia juga berhasil memperoleh penghargaan sebagai the Second Runner Up Team untuk bidang Sains SMP dan The Best Team untuk bidang Matematika SMP.

Medali Emas dipersembahan oleh Josephine Kiona Hadibroto dari Saint John's School Meruya Jakarta di bidang Matematika SD, Aaron Alvarado K. Julistiono dari SMPK Petra 3 Surabaya di bidang Matematika SMP, dan Aurelius Bryan Yuwana dari Sekolah Victory Plus Bekasi di bidang Matematika SMP.

Untuk medali Perak diperoleh dari bidang Sains SD atas nama Mochamad Hisbullah Fachri Akbar dari SDN Model Banyuwangi, Daniel Evan Koyongian dari SD Anugerah Abadi Balikpapan, Erin Laily Fathima Rahmanto dari SD Luqman Al Hakim Surabaya. Bidang Matematika SD atas nama Maulana Satya Adigama dari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, Fernando Lawrence dari SD Witama Nasional Plus Pekanbaru. Tidak mau kalah dari adik-adiknya, siswa SMP bidang Sains Vincentius Roger Kuswara dari SMP Kr Kalam Kudus Solo dan Nicholas Jimmy Alden dari SMP Ignatius Global School Palembang juga memperembahkan medali Perak.

Sedangkan untuk medali perunggu di persembahkan oleh Nathan Raphael Martua Nainggolan dari SD Global Prestasi Bekasi di bidang Sains SD, Mafazi Ikhwan Dhandi dari SD Al-Furqon Jember di bidang Matematika SD, Timothy William Koesasih dari SDK Petra 7 Surabaya di bidang Matematika SD. Dari bidang Matematika SMP medali Perak dipersembahkan oleh Edgar Sulaeman dari SMP Santa Maria Cirebon, dan Axel Giovanni Hartanto dari SMP PL Bintang Laut Solo.

Dalam kategori beregu, Tim SMP Indonesia tampil secara gemilang, Edgar Sulaeman dari SMP Santa Maria Cirebon, Aaron Alvarado K. Julistiono dari SMPK Petra 3 Surabaya, Aurelius Bryan Yuwana dari Sekolah Victory Plus Bekasi, dan Axel Giovanni Hartanto dari SMP PL Bintang Laut Solo yang mewakili bidang matematika berhasil meraih gelar sebagai The Best Team sementara Vincentius Roger Kuswara dari SMP Kr Kalam Kudus Solo, Kaisar Kertarajasa dari SMP Pahoa Tangerang, Nicholas Jimmy Alden dari SMP Ignatius Global School Palembang, dan Shallom Oloan Manihuruk dari SMP YPJ Kuala Kencana Timika yang berkompetisi di bidang Sains berhasil menyabet penghargaan sebagai the Second Runner Up Team. Namun, keberhasilan kakak-kakaknya untuk kategori beregu tidak ikuti oleh siswa-siswa SD.

Terima kasih kepada para pelatih dari Surya Institute for the Promotion of science, Surya University dan STKIP Surya. Terima kasih juga kepada para guru, orang tua dan pihak sekolah yang telah memberikan dukungan dan perhatian kepada para siswa selama seleksi dan kompetisi. Proses seleksi dan keberangkatan siswa-siswa cemerlang ini, tentunya tidak terlepas dari dukungan para sponsor, PT. Freeport Indonesia dan PGN Solution. Terima kasih kepada para sponsor atas dukungan yang diberikan.

Selamat kepada para siswa yang telah menorehkan prestasi yang luar biasa.

Recent News
Most Popular
Surya Institute
Surya Institute (SI) was founded in 2006 by Prof. Yohanes Surya, Ph.D. with the vision of transforming Indonesia through 30 thousand PhD's in science and technology, supported by the mission to reform Science and Math education in Indonesia. Our efforts are based on how to promote Science and Math learning to be fun, easy and enjoyable (our slogan being ‘Gampang, Asyik, dan Menyenangkan' or "GASING") and also making sure the learning process is meaningful for students, so that what the students learn will become life skills and prepare them to excel in the workforce.
Event